Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI KELAS VIII SMPN 5 TUALANG

ROYAN NUROCHMAN, - (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI KELAS VIII SMPN 5 TUALANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ROYAN NUROCHMAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Royan Nurochman (2021): Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Pendekatan Blended Learning Terhadap Higher Order Thingking Skill (Hots) Pada Sistem Gerak Manusia Di Kelas Viii Smp 5 Tualang Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran IPA di SMP Negeri 5 Tualang, guru masih berfokus pada penguasaan materi dan jarang menggunakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk melakukan pengamatan secara langsung melalui kegiatan penyelidikan. Hal ini menyebabkan kurang dibekalinya peserta didik dalam memecahkan suatu persoalan sehingga keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Blended Learning terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi sistem gerak pada manusia di SMP Negeri 5 Tualang. Metode pada penelitian ini adalah menggunakan desain Quasi Experimental Design yaitu melibatkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 5 Tualang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan Blended Learning dan kelas VIII B sebagai kelas konrol. Data dikumpulkan melalui soal tes HOTS dan lembar observasi. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji t test dengan bantuan SPSS versi 25 dan lembar observasi menggunakan analisis deskriptif. Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS versi 25 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < signifikansi alpha 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Blended Learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik pada materi sistem gerak pada manusia dikelas VIII SMPN 5 Tualang. Kata Kunci: Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Tingkat Tingkat Tinggi (HOTS), Blended Learning, Sistem Gerak Pada Manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:33
Last Modified: 26 Jan 2022 02:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58356

Actions (login required)

View Item View Item