Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE SMALL-GROUP-WORK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI KELAS V B SD NEGERI 005 KOTABARU SEBERIDA KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

RIRIN SAPUTRI, - (2021) PENERAPAN METODE SMALL-GROUP-WORK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI KELAS V B SD NEGERI 005 KOTABARU SEBERIDA KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIRIN SAPUTRI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ririn Saputri, (2021): Penerapan Metode Small-Group-Work untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia dikelas V B Sekolah Dasar Negeri 005 Kotabaru Seberida. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan ilmu pengetahuan alam melalui metode small-group-work dikelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Kotabaru seberida. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa diantaranya siswa kurang mampu menyatakan pendapatnya dengan menggunakan alasan yang logis terkait materi yang disampaikan oleh guru, siswa kurang mau bertanya mengenai materi yang diajarkan dan kurang mampu menjawab pertanyaan hots dan memberikan argumentasi dengan baik pada saat penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 20 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran small-group-work dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian ini dan analisis data menunjukan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum tindakan hanya mencapai 60,5 dengan kategori kurang dengan ketuntasan klasikal 35%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 72,75 dengan kategori kurang dan ketuntasan klasikal 60%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 77,75 dengan kategori cukup dan ketuntasan klasikal 85%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yag ditetapkan yaitu 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode small-group-work dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema organ gerak hewan dan manusia muatan pelajaran ilmu pengetahuan alam dikelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Kotabaru Seberida. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Small-Group-Work, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2022 06:32
Last Modified: 25 Jan 2022 06:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58291

Actions (login required)

View Item View Item