Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENERAPAN PERILAKU MEMELUK ANAK (HUGGING CHILDREN) TERHADAP ANAK USIA DINI (STUDI KASUS WALI MURID KELOMPOK B DI TK ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU)

IIS AISYAH SHOLIHAT, - (2022) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENERAPAN PERILAKU MEMELUK ANAK (HUGGING CHILDREN) TERHADAP ANAK USIA DINI (STUDI KASUS WALI MURID KELOMPOK B DI TK ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)

Abstract

IIS AISYAH SHOLIHAT(2021) : PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENERAPAN PERILAKU MEMELUK ANAK (HUGGING CHILDREN) TERHADAP ANAK USIA DINI (STUDI KASUS WALI MURID KELOMPOK B DI TK ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan memeluk anak terhadap perilaku sosial-emosional serta mendeskripsikan bagaimana keterkaitan memeluk anak terhadap keterampilan sosialemosioanal..Berdasarkan penelitian yang dilakukan di TK Islam As-Shofa Pekanbaru, keterampilan sosial-emosional anak belum optimal sehingga perlu dilakukan penerapan perilaku memeluk anak (hugging children). Perilaku memeluk anak mampu menyentuh ranak fisik dan psikis sehingga teori attachment (kemelekatan) terpenuhi secara optimal. Subjek penelitian adalah orang tua dan anak. Objek penelitian adalah pengaruh penerapan perilaku memeluk anak (hugging children) pada anak kelompok B. Populasi penelitian berjumlah 20 orang anak. Sampel penelitian adalah anak kelompok B1 yang terdiri dari dua kelas yaitu B1 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas kontrol dan B2 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yang artinya teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan program SPSS Windows Ver. 23. Hipotesis penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan antara penerapan perilaku memeluk anak terhadap keterampilan sosial-emosional. Diketahui dari hasil analisis data pada perbandingan pretest dan posttest kelas eksperimen yang diperoleh t-hitung = 32,616 dan Sig. (2-tailed) = 0.000. Karena Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0,05 disimpulkan terdapat pengaruh signifikan setelah penerapan perilaku memeluk anak dalam pola asuh terbaik. Ho ditolak dan H diterima dalam penelitian ini terdapat pengaruh penerapan memeluk anak sebelum dan sesudah terhadap keterampilan sosial-emosional anak yang berada pada kelas eksperimen. Pengaruh penerapan perilaku memeluk anak terhadap keterampilan sosial-emosional anak kelompok B di TK Islam As-Shofa Pekanbaru sebesar 83, 05 %. Kata kunci : Pendidikan Karakter, Perilaku Memeluk Anak (hugging children)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2022 06:53
Last Modified: 25 Jan 2022 06:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58287

Actions (login required)

View Item View Item