Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DENGAN KECENDERUNGAN PEMBELIAN IMPULSIF PADA REMAJA PUTRI

NURUL AULIA, - (2022) HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DENGAN KECENDERUNGAN PEMBELIAN IMPULSIF PADA REMAJA PUTRI. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelian impulsif biasa terjadi dikalangan remaja, kematangan emosi pada remaja yang belum stabil ini dapat menyebabkan remaja mudah terpengaruh oleh hal-hal yang mengarah pada pembelian impulsif. Pembelian impulsif dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah body image, pembelian impulsif juga dapat meningkatkan body image seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara body image dengan kecenderungan pembelian impulsif pada remaja putri. Sampel penelitian ini berjumlah 310 mahasiswi Fakultas Ekonomi UIN Suska Riau. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu convenience sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala body image dari Cash (2002) dan skala kecenrungan pembelian impulsif dari Verplanken (2001). Berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa body image dan kecenderungan pembelian impulsif pada remaja putri memiliki hubungan yang negatif (n=310, r= -0.438, p=0.000). Sebagian besar subjek penelitian memiliki body image yang positif, dan sebagian besar subjek penelitian memiliki kecenderungan pembelian impulsif yang rendah. Remaja putri yang memiliki body image yang positif akan cenderung merasa percaya diri, senantiasa menerima kondisi tubuh mereka, dan tidak merasa minder ketika bertemu dengan orang lain. Remaja putri yang memiliki kecenderungan pembelian impulsif yang rendah menunjukkan bahwa seseorang yang melakukan pembelian didasari oleh pertimbangan dan perencanaan yang matang, tidak melakukan pembelian secara tergesa-gesa. Kata kunci : Body image, kecenderungan pembelian impulsif, remaja putri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 25 Jan 2022 06:49
Last Modified: 25 Jan 2022 06:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58275

Actions (login required)

View Item View Item