Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BIMBINGAN ONLINE TUGAS AKHIR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN

Khuzil Afwa, - (2022) ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BIMBINGAN ONLINE TUGAS AKHIR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RIau.

[img]
Preview
Text
tugasakhir_comp.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
bab 4_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Program Studi (Prodi) Sistem Informasi merupakan salah satu program studi di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Salah satu mata kuliah wajib yang ada di Prodi Sistem Informasi adalah Tugas Akhir. Setiap mahasiswa biasanya mengerjakan Tugas Akhir dengan didampingi oleh dosen pembimbing Tugas Akhir. Namun dengan hadirnya wabah Covid-19 menjadikan proses bimbingan Tugas Akhir sedikit terganggu. Selain itu, dokumentasi dan pendataan dalam aktivitas bimbingan Tugas Akhir juga masih bersifat manual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan dalam merancang mockup prototype Sistem Informasi Bimbingan Online Tugas Akhir yang memudahkan mahasiswa, dosen, maupun Kepala Program Studi (Kaprodi) dalam pelaksanaan bimbingan Tugas Akhir. Penelitian ini menggunakan metodologi yang mengacu pada dokumen ISO 9241-210 (2010) terkait tentang metode User Centered Design (UCD). Penilaian rancangan sistem menggunakan teknik penyebaran kuesioner dengan skala likert dengan penilaian dari satu sampai tujuh. Hasil dari penilaian rancangan mockup prototype Sistem Informasi Bimbingan Online Tugas Akhir adalah rekapitulasi nilai persentase dari dosen sebesar 83%, mahasiswa sebesar 80%, kaprodi sebesar 89%, dan admin sebesar 94%. Dengan begitu dapat disimpulkan penelitian ini layak untuk dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu tahap implementasi dan pengujian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:10
Last Modified: 25 Jan 2022 07:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58265

Actions (login required)

View Item View Item