Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS DIFUSI INOVASI PROGRAM GENERASI BERENCANA (GENRE) BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL DALAM MEMBENTUK GENERASI YANG BERKUALITAS MELALUI DUTA GENRE RIAU

Feni Evi Andini, Feni (2022) ANALISIS DIFUSI INOVASI PROGRAM GENERASI BERENCANA (GENRE) BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL DALAM MEMBENTUK GENERASI YANG BERKUALITAS MELALUI DUTA GENRE RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Maraknya kasus kenakalan remaja berupa sex bebas, narkoba, HIV/AIDS dan pernikahan dini yang ada di Provinsi Riau dalam waktu yang lama akan membentuk generasi yang tidak berkualitas. Untuk itu, BKKBN Riau melalui peran Duta GenRe melakukan penyebaran inovasi Program Generasi Berencana untuk membentuk generasi yang berkualitas yang populer dengan sebutan “Tegar Remaja”. Riset ini bertujuan untuk menggambarkan proses difusi inovasi yang dilakukan oleh Duta GenRe Riau dalam membentuk generasi yang berkualitas. Riset ini menggunakan desain metode penelitian kualitatif melalui analisis empat elemen Teori Everett M. Rogers yang terdiri dari inovasi, saluran komunikasi, jangka waktu, dan sistem sosial. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan dalam riset ini menunjukkan bahwa inovasi yang di-difusikan ialah program Generasi Berencana. Sedangkan saluran komunikasi yang digunakan yaitu melalui sosialisasi, talkshow radio dan menggunakan new media. Jangka waktu yang digunakan dalam difusi inovasi ini dimulai sejak pemilihan Duta GenRe Riau yang dimulai pada tahun 2011 hingga saat ini. Sistem sosial yaitu penerima dari informasi ini ialah remaja yang berusia 10 hingga 24 tahun yang belum menikah dan tergabung di kelompok Pusat Informasi Konseleing Remaja (PIK R) dan Bina Keluarga Remaja (BKR) di Provinsi Riau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difusi Inovasi, Generasi Berencana, Duta GenRe Riau.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:10
Last Modified: 24 Jan 2022 04:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58152

Actions (login required)

View Item View Item