Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 2 KAMPAR PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI

CICI HARDIANA, - (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 2 KAMPAR PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI CICI HARDIANA.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Cici Hardiana (2021) : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik di SMP Negeri 2 Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Ekseperiment dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah prettes-posttes kelompok kontrol tanpa acak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kampar yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah peserta didik 70 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing kelas terdiri dari atas 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes berbentuk uraian dengan jumlah 10 butir soal. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan uji t pada data yang berdistribusi normal melalui bantuan Program SPSS versi 25.00 for windows. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa:. Terdapat pengaruh penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap pemahaman konsep peserta didik, hal ini berdasarkan Berdasarkan output ― Test Statistic‖ diketahui bahwa nilai nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap pemahaman konsep IPA pada materi getaran, gelombang, dan bunyi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kampar Tahun pelajaran 2021/2022. Dengan demikian, dapat dikemukakan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dalam mata pelajaran IPA materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kampar Tahun pelajaran 2021/2022. Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Pemahaman Konsep, Getaran Gelombang dan Bunyi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jan 2022 08:48
Last Modified: 20 Jan 2022 08:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58019

Actions (login required)

View Item View Item