Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR BIOGROW COMPLETE DAN EKSTRAK REBUNG BAMBU TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG HIJAU (Phaseolus radiatus L)

AZIZAH FITRI, - (2022) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR BIOGROW COMPLETE DAN EKSTRAK REBUNG BAMBU TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG HIJAU (Phaseolus radiatus L). Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kacang hijau adalah dengan pemberian Pupuk Organik Cair (POC) Biogrow Complete dan ekstrak rebung bambu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan dan hasil tanaman kacang hijau yang diberikan POC Biogrow Complete dan ekstrak rebung bambu sebagai faktor tunggal serta untuk mengetahui interaksi pemberian POC Biogrow Complete dan ekstrak rebung bambu. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2019 laboratorium Agronomi dan Agrostologi serta di UARDS Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) faktorial yang terdiri dari 2 faktor dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah perbedaan dosis POC Biogrow Complete (0 ml/l, 7,5 ml/l, 15 ml.l, 22.5 ml/l & 30 ml/l) dan faktor kedua adalah konsentrasi ekstrak rebung bambu (0 ml/l, 3 ml/l, 6 ml/l, 9 ml/l, & 12 ml/l). Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah cabang, umur berbunga, umur panen, jumlah polong per tanaman, jumlah polong bernas per tanaman, dan bobot 100 biji. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian POC Biogrow Complete dosis 15ml/l mampu meningkatkan tinggi tanaman, umur berbunga dan umur panen tanaman. Pemberian ekstrak rebung bambu dosis 3 ml/l mempercepat umur berbunga dan umur panen tanaman. Tidak ada interaksi antara pemberian POC Biogrow Complete dan ekstrak rebung terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang hijau. Kata kunci: Tanaman Pangan, Unsur Hara, Zat Pengatur Tumbuh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 20 Jan 2022 08:38
Last Modified: 20 Jan 2022 08:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58015

Actions (login required)

View Item View Item