Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI SMP TELEKOMUNIKASI PEKANBARU

MEDI ZAHARA, - (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI SMP TELEKOMUNIKASI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MEDI ZAHARA.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Medi Zahara (2021): Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Solving Pada Materi Pemanasan Global di SMP Telekomunikasi Pekanbaru E-Modul berbasis problem solving yang dikembangkan dalam penelitian ini didasari kurangnya bahan ajar dalam proses pembelajaran IPA dan kesulitan peserta didik dalam memahami materi pemanasan global di SMP Telekomunikasi Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk bahan ajar e-modul berbasis problem solving pada materi pemanasan global yang dapat diakses melalui internet, mengetahui tingkat validitas e-modul, mengetahui tingkat uji praktikalitas oleh guru, dan mengetahui respon peserta didik terhadap e-modul tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan dari Sugiyono dan dibatasi hingga tahap ketujuh karena pertimbangan keterbatasan waktu dan biaya. Tingkat kevalidan e-modul dilihat dari penilaian kelayakan isi dan problem solving, kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan kegrafikan. Uji praktikalitas e-modul dilakukan oleh tiga guru IPA dan uji respon peserta didik oleh 18 peserta didik di SMP Telekomunikasi Pekanbaru. Validasi kelayakan isi dan problem solving memperoleh nilai sebesar 85%, kelayakan penyajian memperoleh nilai sebesar 93%, kelayakan kebahasaan memperoleh nilai sebesar 80%, dan kelayakan kegrafikan memperoleh nilai sebesar 89% dengan perolehan ini e-modul dinyatakan sangat valid dan layak untuk diujicobakan. Selain itu berdasarkan uji praktikalitas oleh guru IPA dinyatakan bahwa bahan ajar e-modul yang dihasilkan sangat praktis, dilihat dari nilai keseluruhan sebesar 97% tanpa direvisi dan berdasarkan uji respon peserta didik dalam uji lapangan terbatas diperoleh nilai keseluruhan sebesar 85% sehingga dinyatakan sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis problem solving pada materi pemanasan global valid dan praktis digunakan sebagai bahan ajar di SMP Telekomunikasi Pekanbaru. Kata Kunci : E-Modul, Problem Solving, Pemanasan Global

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jan 2022 08:17
Last Modified: 20 Jan 2022 08:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58011

Actions (login required)

View Item View Item