NELVAWITA, n (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TAHSIN BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA PTKI PROVINSI RIAU. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text (Bab IV)
Disertasi Terbuka - Copy.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
Text (Bab Gabungan)
Gab.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Menganalisis realitas pelaksanaan pembelajaran tahsin al-Qur‘an di PTKI Provinsi Riau. (2) Mengetahui pelaksanaan pengembangan model pembelajaran tahsin berbasis audio visual di PTKI Provinsi Riau, (3) Mengukur efektifitas pembelajaran Mubirasmani yang berbasis Audio Visual dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‘an pada mahasiswa di PTKI Provinsi Riau. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menggunakan pola pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluation). Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan model tahsin al-Qur‘an audio visual berbasis aplikasi android Mubirasmani di Perguruan Tinggi Provinsi Riau dinyatakan berada pada kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 89% pada kelas kecil, dan 92,81% pada kelas luas, (2) Pengembangan model pembelajaran tahsin al-Qur‘an Mubirasmani berbasis audio visual dapat di akses pada laman https://mubirasmani.com/. Aplikasi ini dinilai dengan menjumlahkan hasil penilaian ahli teknologi dan ahli materi pembelajaran yang telah mencapai 89.22% dengan kategori sangat valid (3) Efektivitas pada kelompok kecil terdapat perbedaan rerata nilai pretest dan posttest sebesar 7.77 dengan N-Gain sebesar 0.325, dan di kelompok luas yaitu rerata nilai pretest dan posttest sebesar 11.36 dengan jumlah N-Gain kelas eksperimen UIR sebesar sebesar 0.491 sementara NGain kelas eksperimen UIN Suska Riau sebesar 0.421 kategori sedang, kemudian N-Gain pada keseluruhan sampel berada pada angka 0.447 maka pemahaman akan aplikasi Mubirasmani tergolong efektif. Dengan demikian dapat disimpilkan bahwa media pembelajaran tahsin al-Qur‘an audio visual berbasis aplikasi android Mubirasmani di Perguruan Tinggi Provinsi Riau sangat efektif dalam menfasilitasi kemampuan pemahaman dan penerapan ilmu tahsin di Perguruan Tinggi Provinsi Riau Kota Pekanbaru. Kata Kunci : Model, Pembelajaran, Tahsin, Audio Visual, PTKI
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Eko Syahputra |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 08:19 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 08:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57992 |
Actions (login required)
View Item |