Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

APLIKASI GAME PEMBELAJARAN MENGENAL ANGKA BERBASIS ANDROID UNTUK ANAK USIA DINI

WELLA BRILYANI KREATIVI, - (2022) APLIKASI GAME PEMBELAJARAN MENGENAL ANGKA BERBASIS ANDROID UNTUK ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Bab 1-3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan harus dimulai semenjak usia dini agar anak tidak terlambat memperoleh pendidikan, tujuannya untuk mengembangkan semua aspek kecerdasan anak agar pertumbuhan dan perkembangan anak tercapai secara optimal. Perkembangan kognitif adalah salah satu aspek penting yang harus dikembangkan untuk kemampuan berpikir anak. Kemampuan mengenal angka merupakan salah satu aspek penting dari kemampuan kognitif. Masalah yang dihadapi saat penyampaian materi pembelajaran pada anak salah satunya anak cepat bosan untuk belajar sehingga anak sukar memahami materi yang diberikan oleh guru. Salah satu cara meningkatkan kemampuan kognitif anak perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran menarik untuk mereka, sehingga mereka semakin bersemangat untuk belajar. Salah satu media yang disenangi anak adalah melalui permainan. Untuk itu dibangun sebuah game pembelajaran mengenal angka berbasis Android menggunakan Unity dengan bahasa pemrograman C# dan menggunakan metode pengembangan Digital Game Based Learning (DGBL). Hasil pengujian game pada responden guru sebesar 90,6% dan pada responden anak sebesar 85,4% menunjukkan bahwa responden memilih sangat setuju dengan tujuan dari aplikasi Game Mengenal Angka yaitu sebagai media pembelajaran mengenal Angka. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Android, Angka, Digital Game Based Learning (DGBL), Unity.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 17 Jan 2022 08:57
Last Modified: 17 Jan 2022 08:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57688

Actions (login required)

View Item View Item