Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MINAT BELAJAR DAN SEMANGAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR’AN SISWA MTS NEGERI DI KABUPATEN KAMPAR

MHD YURAS, - (2021) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN SEMANGAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR’AN SISWA MTS NEGERI DI KABUPATEN KAMPAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS MHD YURAS.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mhd Yuras (2021): Pengaruh Minat Belajar dan Semangat Belajar terhadap Kemampuan Membaca Alqur’an Siswa MTs Negeri di Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan semangat belajar terhadap kemampuan membaca Alqur‟an siswa MTs Negeri di Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa MTs Negeri di Kabupaten Kampar sebanyak 93 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi dan wawancara. Analis data dalam penelitian ini menggunakan teknik Regresi Linier Berganda. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) minat belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca Alqur‟an siswa MTs Negeri di Kabupaten Kampar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t dimana thitung lebih besar dari ttabel yakni 7,792 > 1,987, dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan berkontribusi sebesar 40%. 2) semangat belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca Alqur‟an siswa MTs Negeri di Kabupaten Kampar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t, dimana thitung lebih besar dari ttabel yakni yaitu 12,134 > 1,987, dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan berkontribusi sebesar 61,8%. 3) minat belajar dan semangat belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca Alqur‟an siswa MTs Negeri di Kabupaten Kampar secara bersamaan. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yakni 75,140 > nilai F tabel 0,310 dan berkontribusi sebesar 62,50%. Kata Kunci: Minat Belajar, Semangat Belajar, Kemampuan Membaca Alqur‟an

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:15
Last Modified: 19 Jan 2022 02:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57611

Actions (login required)

View Item View Item