Ali Bosar (2014) PEMBINAAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA DI MTS AL-MUTTAQIN PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (37kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (22kB) | Preview |
Abstract
Fenomena yang terjadi di dunia pendidikan sekarang ini yakni banyak anak kehilangan identitas dirinya akan berdampak terhadap prilakunya yang terkesan kurang memikirkan resiko terhadap perbuatannya yang selalu melanggar norma, memiliki resiko dan bahkan membahayakan fisik dan masa depannya. Salah satu prilaku yang sering terjadi di kalangan siswa adalah tawuran antar pelajar. Maka dari itu perlu pembinaan nilai-nilai karakter Islam pada siswa. Untuk menemukan jawaban dari judul yang penulis teliti, maka dirumuskan dalam bentuk pertanyaan peneliti berikut ini: 1. Bagaimana pembinaan nilai-nilai karakter siswa di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru? 2. Apa faktor-faktor yang menghambat dan mendukung pembinaan nilai-nilai karakter siswa di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Secara metodologis jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan Trianggulasi Data dengan menggunakan jenis pendekatan deskriftif kualitatif, yakni penelitian yang berupaya memberikan gambaran tentang obyek yang diteliti secara jelas dan mendalam. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah guru MTs Al-Muttaqin Pekanbaru sedangkan obyek penelitian ini adalah Pembinaan Nilai-nilai Karakter di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di atas bahwa pembinaan nilai-nilai karakter di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru sudah maksimal, hal tersebut. Data yang ditemukan dalam penelitian di lapangan antara lain : a) Pembinaan nilai-nilai karakter siswa di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru; Mengintegrasikan dalam kegiatan pembinaan kesiswaan( membuat rancangan menegah dan tahunan dalam pembelajaran),; Pengintegrasian Melalui Pembelajaran, seperti; (1) Pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa; (2) Masa Orientasi Siswa (MOS); (3) Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), (4) Penegakan tatakrama dan tata tertib kehidupan akademik dan sosial sekolah; (5) Kepramukaan; (6) Upacara bendera; 7)Usaha Kesehatan Sekolah (UKS); (8).; b) Faktor-faktor yang menghambat dan mendukung pembinaan nilai-nilai karakter siswa di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru diantaranya; (a) Penghambat: (1) Kurangnya kerjasama antara orang tua dan murid; (2) Kurangnya ketegasan dari pihak piket; (3) Kurangnya motivasi yang diberikan, sebab hanya diberikan sekali setahun; (b) Pendukung; (1) Letaknya yang strategis; (2) Mudah dijangkau; (3) Diasuh guru-guru yang berkompeten dibidangnya masing masing; (4) Tersedianya fasilitas yang memadai; (5) Shalat berjama’ah setiap hari; (7) Adanya program shalat sunah dhuhah setiap hari rabu, dan baca qur’an setiap hari jum’at.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 15 Jul 2016 01:51 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 01:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5732 |
Actions (login required)
View Item |