MASELA DWITA, - (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PANGEAN KABUPATEN KUANSING. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK MASELA DWITA (2021): Pengaruh Model Pembelajaran Self Directed Learning Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pangean Kabupaten Kuansing Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara keaktifan belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model Self Directed Learning dengan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pangean Kabupaten Kuansing. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pangean Kabupaten Kuansing, sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran Self Directed Learning terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pangean Kabupaten Kuansing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS yang berjumlah 90 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas control. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil rata-rata persentase keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 82,93% sedangkan pada kelas control sebesar 56,6%. Berdasarkan analisis uji-t dari nilai keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen dan control diperoleh nilaithitung> ttabel dilihat bahwa Sig (2-tailed) sebesar 0,000 artinya Sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 kemudian thitung sebesar 2.330 sedangkan ttabel sebesar 2.010 artinya thitung >ttabel (2.330>2.010) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Yang berarti adanya perbedaan yang siginifikan antara keaktifan belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Self Durected Learning dengan kelas control yang menggunakan strategi konvensional pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pangean Kabupaten Kuansing. Kata Kunci: Self Directed Learning, Keaktifan Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 05:15 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 05:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57275 |
Actions (login required)
View Item |