Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH TEKNIK SELF INSTRUCTION TERHADAP STRES AKADEMIK MAHASISWA BILINGUAL FAKULTAS PSIKOLOGI UIN SUSKA RIAU

Rahmi Ulfa Aulia Abas, - (2021) PENGARUH TEKNIK SELF INSTRUCTION TERHADAP STRES AKADEMIK MAHASISWA BILINGUAL FAKULTAS PSIKOLOGI UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
lengkap tanpa bab 4 revisi.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rahmi Ulfa Aulia Abas (2021) : PENGARUH TEKNIK SELF INSTRUCTION TERHADAP STRES AKADEMIK MAHASISWA BILINGUAL FAKULTAS PSIKOLOGI UIN SUSKA RIAU Stres Akademik merupakan keadaan mahasiswa dalam menghadapi dan merespon tekanan-tekanan yang bersumber dari tuntutan akademik secara berlebihan sehingga mengakibatkan gangguan secara fisik maupun psikologis. Gangguan secara fisik dan psikologis yang disebabkan tuntutan akademik tersebut dapat disebut stres akademik. Stres akademik bisa diatasi dengan menggunakan beberapa teknik terapi psikologis. Salah satu teknik tersebut adalah teknik self instruction. Teknik self instruction merupakan salah satu cara yang dapat membantu memberikan pengaruh pada stres akademik mahasiswa bilingual melalui verbalisasi diri yang positif untuk merubah pikiran dan perilaku negatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh self-instruction terhadap stres akademik pada mahasiswa bilingual Fakultas Psikologi UIN Suska Riau. Jenis penelitian ini adalah time series design, yaitu memberikan pengukuran dan perlakuan secara berulang. Metode dalam penelitian ini adalah kasus tunggal (single case experimental design). Pada kasus tunggal subjek yang diteliti adalah tunggal (N=1). Teknik analisis data menggunakan penghitungan statistik deskriptif. Berdasarkan penghitungan statistik deskriptif diperoleh penurunan ratarata (mean) pada pengukuran pertama hingga pengukuran keempat (0.82, 0.64, 0.41, 0.36). Hasil penghitungan ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan teknik self instruction terhadap stres akademik mahasiswa bilingual Fakultas Psikologi UIN SUSKA Riau. Kata Kunci: Stres akademik, Teknik Self Instruction, Mahasiswa bilingual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 04 Jan 2022 02:21
Last Modified: 04 Jan 2022 02:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57228

Actions (login required)

View Item View Item