TRIAN RIZQI SYAS, - (2021) SISTEM PAKAR UNTUK MENENTUKAN GAYA BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
TUGAS AKHIR TRIAN RIZQI SYAS.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Gaya belajar merupakan suatu cara bagaimana seseorang menyerap, mengatur serta mengolah informasi. Setiap siswa mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam menyerap informasi. Mengetahui gaya belajar siswa akan mempermudah guru untuk menyediakan lingkungan yang mendukung dan mempermudah siswa dalam menyerap informasi secara lebih maksimal, sedangkan jika tidak mengetahui gaya belajar siswa, maka akan kurang maksimal penyerapan informasi dalam proses pembelajaran. Sistem pakar merupakan solusi untuk membantu dalam menentukan gaya belajar siswa. Sistem pakar ini dirancang dengan beberapa tahap diantaranya analisa kebutuhan sistem, desain, coding dan testing. Sistem pakar ini menggunakan metode perhitungan certainty factor. Pakar dalam sistem ini adalah seorang pakar pada bidang psikologi. Hasil dari sistem ini adalah gaya belajar dan tips belajar berdasarkan ciri-ciri gaya belajar. Berdasarkan UAT (User Acceptance Test) sistem yang dibangun sudah layak digunakan karna hasil penentuan yang sesuai, solusi penanganan yang sesuai, dan sistem yang user friendly atau mudah digunakan oleh pengguna. Pada UAT pakar psikologi berada di rentang nilai Sangat Bagus pada nilai 83%. UAT siswa berada di rentang nilai Bagus pada nilai 80%. Tingkat keakuratan hasil dari pertanyaan yang ada di sistem ini hanya sebesar 40%. Kata kunci: sistem pakar, certainty factor, gaya belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 08:21 |
Last Modified: | 30 Dec 2021 08:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57215 |
Actions (login required)
View Item |