Johan Andriesco (2014) PERENCANAAN DAN PENGAWASAN PROGRAM KERJA KEPALA MTs DAN MA BABUSSALAM SIMANDOLAK KECAMATAN BENAI KAB. KUANTAN SINGINGI PROPINSI RIAU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (35kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (20kB) | Preview |
Abstract
i Perencanaan dan pengawasan adalah dua di antara fungsi manajemen yang berperan untuk mengendalikan proses kerjasama, agar dapat mencapai sasaran dan tujuan organisasi yang telah direncanakan secara efisien dan efektif. Pelaksanaan manajemen pendidikan, juga memperhatikan perencanaan dan pengawasan yang merupakan tugas dan peran kepala sekolah/madrasah sebagai seorang manajer. Kepala kepala sekolah/madrasah harus mempunyai kompetensi tentang pelaksanaan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Fokus penelitian ini adalah mengintensifkan fungsi perencanaan dan pengawasan dalam pelaksanaan program kerja kepala madrasah. Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di MTs dan MA Babussalam Simandolak Kecamatan Benai, penulis memandang bahwa kepala madrasah belum maksimal dalam menjalankan fungsi manajemen yang merupakan tugas dan perannya sebagai seorang manajer terutama dalam hal perencanaan dan pengawasan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 2 orang kepala madarsah, yaitu Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Babussalam dan Kepala Madrasah Aliyah (MA) Babussalam. Keseluruhan populasi penelitian dijadikan sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Kredibilitas data penelitian di uji dengan menggunakan tiga metode, yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi teori. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan tahap penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil penelitian bahwa (1) Perencanaan program kerja kepala MTs. Babussalam Simandolak tergolong belum efektif, terlihat dari penentuan lokasi program kerja, penentuan jadwal program kerja, uraian kegiatan dan perumusan cara pelaksanaan suatu program tidak ditentukan pada awal penyusunan perencanaan, namun ketika akan dilaksanakan; (2) Perencanaan program kerja Kepala MA. Babussalam Simandolak tergolong belum efektif, ini terlihat dari jenis kegiatan pada program kerja hanya berdasarkan panduan BSNP dan tidak diuraikan secara mendetail; (3) Pengawasan program kerja kepala MTs. Babussalam Simandolak masih tergolong belum efektif, ini terlihat dari hal-hal belum pernahnya kepala madrasah menyebarkan angket kepada guru dan TU untuk perkembangan dan kemajuan madrasah, pelaksanaan monitoring dan evaluasi program yang tidak sesuai dengan jadwal, dan pelaksanaannya belum dilakukan secara terus-menerus; (4) Pengawasan program kerja kepala MA. Babussalam Simandolak masih tergolong belum efektif, ini terlihat dari penentuan standar pengawasan hanya berpatokan kepada standar yang telah ditentukan dinas terkait dan belum memperhatikan situasi dan kondisi yang ada, belum pernahnya kepala madrasah menyebarkan angket kepada guru dan TU untuk perkembangan dan kemajuan madrasah dan pelaksanaan monitoring dan evaluasi belum dilakukan secara terus-menerus.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 04:37 |
Last Modified: | 28 Jun 2016 04:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5718 |
Actions (login required)
View Item |