Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) DAN PROBLEM SOLVING DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KECAMATAN LIMAPULUH SUMATERA UTARA

NUR ALFIZAR, - (2021) HUBUNGAN ANTARA EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) DAN PROBLEM SOLVING DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KECAMATAN LIMAPULUH SUMATERA UTARA. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)

Abstract

NUR ALFIZAR (2021) : HUBUNGAN ANTARA EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) DAN PROBLEM SOLVING DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KECAMATAN LIMAPULUH SUMATERA UTARA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara emotional spiritual quotient dan problem solving dengan kompetensi kepribadian guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kecamatan Limapuluh Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan pada 70 sampel yaitu guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kecamatan Limapuluh Sumatera Utara. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrument psikologis skala emotional spiritual quotient, skala problem solving dan skala kompetensi kepribadian guru. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu korealasi pearson dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis berdasarkan hasil analisa menggunakan pearson correlation menunjukkan bahwa pada guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kecamatan Limapuluh Sumatera Utara ditemukan: Pertama, terdapat hubungan yang signifikansi antara emotional spiritual quotient dengan kompetensi kepribadian guru yaitu sebesar 78.7 % Artinya semakin baik kemampuan emotional spiritual quotient yang dimiliki seorang guru, maka guru tersebut akan memiliki kompetensi kepribadian yang sangat baik juga. Kedua, terdapat hubungan yang signifikansi antara problem solving dengan kompetensi kepribadian guru yaitu sebesar 84.8 %. Artinya semakin baik kemampuan problem solving yang dimiliki seorang guru, maka guru tersebut akan memiliki kompetensi kepribadian yang sangat baik juga. Ketiga, ditemukan hubungan yang signifikan antara emotional spiritual quotient dan problem solving dengan kompetensi kepribadian guru secara simultan sebesar 69.7% artinya apabila seorang guru memiliki kemampuan emotional spiritual quotient dan problem solving yang sangat baik, maka guru tersebut akan memiliki kompetensi kepribadian yang sangat baik juga. Kata Kunci: Emotional Spiritual Quotient, Problem Solving, dan Kompetensi Kepribadian Guru

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi-S2
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 28 Dec 2021 01:52
Last Modified: 28 Dec 2021 01:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57168

Actions (login required)

View Item View Item