Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE SIMA’I DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA ANAK CEREBRAL PALSY DI YAYASAN RUMAH GADANG CEREBRAL PALSY PADANG (Studi Living Qur’an)

HILYA SYAKURA, - (2021) PENERAPAN METODE SIMA’I DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA ANAK CEREBRAL PALSY DI YAYASAN RUMAH GADANG CEREBRAL PALSY PADANG (Studi Living Qur’an). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang penerapan metode sima’i dalam menghafal al-Qur‟an pada anak cerebral palsy di Yayasan Rumah Gadang Cerebral Palsy Padang (Living Qur’an). Anak berkebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat sudah mulai berkembang, orang tua ingin anaknya bisa menghafal al-Qur‟an. salah satunya ada pada anak cerebral palsy. Cerebral palsy adalah gangguan pada anak berupa kelainan pada otaknya yang membuat perkembangan gerak dan postur tidak maksimal, sehingga aktivitas dan kerja otak anak menjadi sangat terbatas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode sima’i dalam proses menghafal Al-Qur‟an dan penerapan metode sima’i dalam menghafal al-Qur‟an pada anak cerebral palsy di Yayasan Rumah Gadang Cerebral Palsy Padang. Pada penelitian lapangan teknik penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Upaya yang dilakukan Yayasan Rumah Gadang Cerebral Palsy untuk memfasilitasi anak-anak cerebral palsy yang menghafal al-Qur‟an adalah sudah memiliki program menghafal al-Qur‟an yang dibimbing oleh 2 orang guru yang memberikan perhatian khusus pada anak cerebral palsy dan memiliki ruangan khusus agar anak bisa fokus menghafal al-Qur‟an. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan meteode sima’i di Yayasan Rumah Gadang Cerebral Palsy dengan metode sima’i yang seharusnya sudah sesuai, bahwa dalam tahapan penerapan metode sima’i ada beberapa hal yang harus dilakukan yakni tentukan batasan materi, membaca berulang kali dengan teliti, menghafal ayat perayat sampai batas materi, mengulang hafalan sampai benar-benar lancar dan tasmi‟ atau sima’i artinya mendengarkan. Pada tahapan penerapan metode sima’i dalam menghafal al-Qur‟an pada anak cerebral palsy yaitu membutuhkan bimbingan dan perhatian khusus , mengerti dengan anak dan bisa beradaptasi bersama mereka, sebisa mungkin harus kreatif dan aktif dan proses menghafal al-Qur‟an anak cerebral palsy dengan cara dibacakan terlebih dahulu, diulang-ulang sampai 3 atau 5 kali pengulangan sesuai dengan kemampuan anak, lalu anak mendengarkan apa yang telah dibacakan begitu terus cara menghafalnya sampai anak benar-benar hafal karena anak cerebral palsy harus dibimbing saat menghafal al-Qur‟an. Kata Kunci : Menghafal Al-Qur‟an, Metode Sima’i, Cerebral Palsy

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 23 Dec 2021 03:49
Last Modified: 23 Dec 2021 03:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57103

Actions (login required)

View Item View Item