Mansur (2014) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE KECAMATAN LIMA PULUH KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (49kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dalam tesis ini berjudul: Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri se Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru. Program studi pendikan agama Islam. Konsentrasi pendidikan agama Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri se Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru, pelaksanaan, pemanfaatan metode dan media serta evaluasi. Adapun masalah dalam penelitian ini meliputi tujuan pelaksanaan pembelajaran agama Islam, Tahap-tahap pembelajaran, pemanfaatan metode dan media, serta penerapan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informannya adalah guru-guru bidang studi pendidikan agama Islam yang mengajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri se Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru tahun pelajaran 2013/2014 dan seluruh kepala sekolah. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif, yang mendeskripsikan dan menginterpretasikan data yang telah didapat sehingga menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah bertujuan menciptakan manusia yang cerdas dalam syariat Islam, solusi terhadap krisis akhlak mulia dan membangun hubungan baik antar sesama sehingga tercipta manusia yang beriman dan bertaqwa. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah tersebut meliputi empat aspek yaitu aspek pra pembelajaran, kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Penggunaan metode disesuaikan dengan materi seperti ceramah, tanya jawab dan demonsntrai, metode pembelajaran di luar kelas jarang dilakukan seperti karya wisata dan survai masyarakat. Media pembelajaran dibuat secara sederhana yang berbentuk visual, adapun media audio visual belum banyak yang menggunakan karena ketersediaannya sangat terbatas. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan cara lisan, tertulis dan praktek (tes dan non tes). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri se Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru adalah efektif yakni 74,73 pada rentang 61-80. Dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat khususnya bagi peneliti dan umumnya bagi pendidik, tenaga kependidikan, orang tua peserta didik, masyarakat dan pemerintah mengenai pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri se Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru, informasi bagi Program Studi Pendidikan Islam pada Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Riau, pengembangan wawasan keilmuan penulis dalam bidang pendidikan agama Islam dan yang berkaitan dengan penulisan ilmiah dan semoga dapat dijadikan sebagai bahan acuan dan sumbangan pemikiran dari penulis untuk penelitian-penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 03:36 |
Last Modified: | 28 Jun 2016 03:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5703 |
Actions (login required)
View Item |