AZIZ SETIONO (2013) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBERIAN TUGAS OLEH GURU AL-QUR’AN HADITS TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH HIDAYATULLAH KECAMATAN LUBUK DALAM KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_20131099PAI.pdf Download (546kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pemberian oelh guru Al-Qur’an Hadits tugas terhadap aktivitas belajar siswa di Madrasah Aliyah Hidayatullah Desa Sialang Baru Kecamatan Lubuk Dalam Kabupaten Siak. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Qur’an Hadits sebanyak 1 orang dan siswa sebanyak 47 siswa. Sedangkan yang menjadi objeknya adalah penggunaan metode pemberian tugas dan pengaruhnya terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Hidayatullah. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kuantitatif korelasional, dengan menggunakan teknik product moment pearson, dan dibantu dengan hitung SPSS 17,0 for windows, diperoleh koefisien korelasi antara dua variabel sebesar sebesar 0,836. Dan pengaruhnya diperoleh (r) determinan (Rsq) sebesar 0,699. Dengan demikian terdapat faktor lain yang juga turut berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif yang sangat signifikan antara pengaruh penggunaan metode pemberian tugas dengan aktivitas belajar siswa di Madrasah Aliyah Hidayatullah Desa Sialang Baru Kecamatan Lubuk Dalam Kabupaten Siak. Artinya semakin baik penggunaan metode pemberian tugas maka semakin tinggi aktivitas belajar siswa. Sebaliknya, semakin tidak baik penggunaan metode pemberian tugas maka semakin rendah aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:54 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5686 |
Actions (login required)
View Item |