DINO IRAWAN (2013) KETERAMPILAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AL-FITYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_20131090PAI.pdf Download (414kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kompetensi guru merupakan perpaduan kemampuan personal, keilmuan, teknologi, sosial, dan spiritual yang secara kaffah yang membentuk kompetensi standar profesi guru. Selain itu aspek yang juga mempengaruhi keberhasilan guru dalam menyampaikan pembelajaran diantaranya adalah penggunakan media pembelajaran. Penggunaan media dalam pembelajaran dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pengajaran yang pada giliranya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana keterampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam penggunakan Media Pembelajaran di SMP IT Al-Fityah Pekanbaru? Sampel penelitian adalah guru bidang studi agama yang berjumlah dua orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada variabel yaitu melalui observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan presentase untuk mengetahui bagaimana keterampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam penggunakan media pembelajaran di SMP IT Al-Fityah Pekanbaru. Dengan rumusan Rumus Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil: Berdasarkan penyajian data pada table rekapitulasi hasil observasi keterampilan guru bidang studi pendidikan agama Islam dalam penggunaan media pembelajaran di SMP IT Al- Fitiyah Pekanbaru, maka frekuensi jawaban tertinggi adalah jawaban “Ya”. Dan dari 8 kali observasi dapat diketahui hasil persentase keterampilan guru bidang studi pendidikan agama Islam dalam penggunaan media pembelajaran di SMP IT Al-Fitiyah Pekanbaru, jawaban “Ya” berjumlah 75% sedangkan jawaban “Tidak” berjumlah 25%. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan guru bidang studi pendidikan agama Islam dalam penggunaan media pembelajaran di SMP IT Al- Fitiyah Pekanbaru baik. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media adalah latar belakang pendidikan, adanya kemauan yang kuat dari guru untuk mempersiapkan media pembelajaran, adanya diklat rutin, keikutsertaan dalam pelatihan atau work shop, perhatian kepala sekolah dan ketersedian sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:54 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5682 |
Actions (login required)
View Item |