Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN STRATEGI MEROTASI PERTUKARAN PENDAPAT KELOMPOK DI SDN 031 PONGKAI ISTIQOMAH KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR

MUHAMMAD NAJUAN (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN STRATEGI MEROTASI PERTUKARAN PENDAPAT KELOMPOK DI SDN 031 PONGKAI ISTIQOMAH KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131066PAI.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah upaya guru melalui penerapan strategi merotasi pertukaran pendapat kelompok untuk meningkatkan aktivitas belajar murid dalam pembelajaran Agama Islam di kelas III SDN 031 Pongkai Istiqomah Kec. XIII Koto Kampar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Peneliti juga melaksanakan tindakan, yang sebelumnya didahului dengan perencanaan tindakan yang diikuti dengan observasi dan refleksi terhadap gejala yang terjadi pada murid. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan murid kelas III SDN 031 Pongkai Istiqomah, dan objeknya adalah strategi merotasi pertukaran pendapat kelompok dan aktivitas belajar murid. Adapun populasi penelitian ini berjumlah 18 orang murid, yang terdiri dari 8 orang murid laki-laki dan 10 orang murid perempuan. Cara yang digunakan untuk mengambil data yang berhubungan dengan penelitian ini adalah observasi, yaitu dengan mengobservasi proses pembelajaran selama tindakan dilakasanakan. Teknik analisis data yamg digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik analisis stststik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisa data yang bersifat kualitatif digambarkan dengan kata-kata atau kalimat dan data kuantitatif digambarkan dengan angka. Hasil penelitian diperoleh dalam persentase dengan rumus sebagai berikut : Persentase aktifitas belajar murid (P) = 100% N F Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi merotasi pertukaran pendapat kelompok dapat meningkatkan aktivitas belajar murid. Hal ini terlihat dari hasil observasi awal, aksi I dan aksi II, seluruhnya menunjukkan kenaikan yaitu observasi awal (17,6%), aksi I (43,5%), dan aksi II (84,2%). Dengan demikian, penelitian ini dapat dikatakan berhasil, karena melebihi dari angka di atas yang telah ditetapkan menjadi kriteria keberhasilan penelitian tindakan kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:53
Last Modified: 07 Sep 2016 09:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5676

Actions (login required)

View Item View Item