Kamsar, - (2021) Pengaruh Reliability (Kehandalan) Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Usaha Bengkel Naima Motor Kecamatan Keritang Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Kamsar (2020): Pengaruh Reliability (Kehandalan) Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Usaha Bengkel Naima Motor Kecamatan Keritang Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah Penelitian ini membahas tentang kepuasan konsumen pada usaha Bengkel Naima Motor Kecamatan Keritang, dengan latar belakang masalah bahwa perusahaan menambah karyawannya yang berkompeten tahun 2018 untuk meningkatkan produktivitas, tetapi pendapatan perusahaan tetap mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan mengetahui dua hal. Pertama adalah mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara reliability (kehandalan) terhadap kepuasan konsumen. Kedua menjelaskan bagaimana tinjauan Ekonomi Syariah mengenai pelayanan konsumen dalam Islam. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 570 konsumen dan sampel sebanyak 85 konsumen dengan metode penarikan sampel yakni Slovin dan teknik Total Sampling dengan metode kuesioner. Kemudian dilakukan analisis terhadap peningkatan kepuasan konsumen. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji t, uji koefisien determinasi (R2), uji koefisien korelasi (r). Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji asumsi klasik diolah. Dengan uji regresi berganda didapat hasil Y = 7,187 + 0,533X + e. Hasil uji hipotesis penelitian lewat uji t menunjukkan hasil variabel kehandalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen dengan tingkat signifikan 0.00 <α 0.05. Nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,721 dengan nilai korelasi positif dan kuat. Melalui angka R2 menunjukkan bahwa kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 72,1% sedangkan sisanya 27,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dalam prakteknya pelayanan yang diberikan oleh karyawan Bengkel Naima Motor belum sesuai dengan prinsip syariat Islam dikarenakan pelayanan belum secara tepat, akurat, belum mampu memenuhi janji (amanah) dan bekerja secara professional. Hal ini tentu belum sesuai dengan ajaran Islam. Keyword: Reliability (Kehandalan), Kepuasan Konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 08 Dec 2021 06:43 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 06:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56744 |
Actions (login required)
View Item |