Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KEAKTIFAN BERTANYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

HALIMAH TUSYAKDIAH (2013) PENGARUH KEAKTIFAN BERTANYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131056PAI.pdf

Download (542kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran sangat tergantung pada siswa dengan sejumlah aktifitas yang dilakukan. Oleh karna itu dalam proses pembelajaran siswa dituntut aktif kreatif dan berinisiatif. Dalam hal ini berbicara tentang keaktifan bertanya merupakan kegiatan yang dilakukan siswa untuk menanyakan pelajaran yang belum ia pahami atau belum dimengerti. Dalam proses belajar mengajar kegiatan bertanya oleh siswa yang belum memahami pelajaran merupakan hal penting. Dengan bertanya siswa menjadi paham, mengerti dan menguasai bahan pelajaran. Dari pengamatan sementara penulis menemukan gejala-gejala sebagai berikut : 1. Hanya sebagian siswa yang aktif bertanya di dalam kelas. 2. Masih ada siswa yang tergolong aktif bertanya, tetapi prestasinya biasabiasa saja 3. Masih ada siswa yang tergolong pasif dalam bertanya, tetapi prestasinya baik sekali. Berdasarkan gejala diatas, penulis tertarik untuk mengetahui lebih lanjut apakah ada pengaruh keaktifan bertanya terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Selanjutnya untuk mencapai tujuan dari penelitian ini maka penulis menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi terhadap subjek penelitian untuk mengumpulkan data. Adapun tehnik analisis data yang digunakan dengna menggunakan tehnik korelasi Product Moment dengan menggunakan rumus sebagai berikut : = Σ ( Σ )(Σ ) Σ (Σ ) Σ (Σ ) Melalui uji SPSS korelasi Produc Moment, hasil analisa data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,277 lebih besar dari pada taraf signifikan 1% 0,283 dan 5% 0,217. Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan keaktifan bertanya dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:53
Last Modified: 07 Sep 2016 09:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5674

Actions (login required)

View Item View Item