ROSMITA (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS III SDN 011 BUKIT MELINTANG KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_20131004PAI.pdf Download (381kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan di SDN 011 Bukit Melintang kecamatan Kuok Kabupaten Kampar, Penulis menemukan gejala-gejala yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya : Siswa kurang memahami materi, terlihat lebih dari 65% siswa yang rendah nilai pada saat mengerjakan tugas sehingga nilai siswa banyak yang dibawah KKM. Dari 16 orang siswa, yang bisa menjawab soal evaluasi guru hanya 6 orang siswa atau sebesar 40%, sedangkan sisanya 10 orang atau 60% masih banyak diam.Jika diberi soal, hanya 5 orang siswa atau sebanyak 25% yang bisa menjawab dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil Belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Word Square. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Adapun setiap siklus dilakukan dalam 1 kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I nilai ketuntasan kelas siswa sebesar 63%, kemudian pada siklus II menjadi 75%, dan pada siklus III menjadi 100%. Artinya penerapan strategi pembelajaran Word Square dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas III SDN 011 Bukit Melintang kecamatan Kuok Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:52 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5657 |
Actions (login required)
View Item |