Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KORELASI DISIPLIN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DINIYAH PUTERI PEKANBARU

YUSNIANTI HARAHAP (2013) KORELASI DISIPLIN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DINIYAH PUTERI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013948PAI.pdf

Download (693kB) | Preview

Abstract

Disiplin belajar adalah keseluruhan sikap dan perbuatan siswa yang timbul dari kesadaran dirinya untuk belajar, dengan mentaati dan melaksanakan sebagai siswa dalam berbagai kegiatan belajarnya di sekolah, sesuai dengan peraturan yang ada. Yang didukung dengan adanya kemampuan guru, fasilitas, sarana dan prasarana sekolah. Degan adanya disiplin dalam belajar tesebut, diharapkan dapat mencapai hasil belajar yang baik atau optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi yang signifikan antara disiplin belajar dan hasil belajar bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam siswa Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Sementara yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah korelasi disiplin belajar dan hasil belajar bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam siswa MTs Diniyah Puteri Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs yang berjumlah 173 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs yang berjumlah 50 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1. Angket, 2. Wawancara, 3. Dokumentasi. Berdasarkan hasil dari = 0, 199 jauh lebih kecil dari baik pada taraf signifikan 5% = 0, 288 maupun pada taraf signifikan 1% = 0, 372, maka hipotesa pertama (Ha) ditolak yaitu ada korelasi yang signifikan antara disiplin belajar dan hasil belajar bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam siswa MTs Diniyah Puteri Pekanbaru. Sedangkan hipotesa ke dua (Ho) diterima yaitu tidak ada korelasi yang signifikan antara disiplin belajar dan hasil belajar bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam siswa MTs Diniyah Puteri Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:52
Last Modified: 07 Sep 2016 09:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5638

Actions (login required)

View Item View Item