Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU

ANITA FITRIA (2013) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013793PAI.pdf

Download (655kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas X SMA Negeri 2 Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan antara persepsi siswa tentang kepribadian guru Pendidikan Agama Islam (PAI ) terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas X SMA Negeri 2 Pekanbaru. Untuk menjawab permasalahan diatas, maka penulis menjadikan siswa kelas X di SMA Negeri 2 Pekanbaru sebagai subjek dan Populasi penelitian. Dalam penelitian ini populasi penelitian berjumlah 243 siswa dari 7 kelas. Dan sampelnya adalah 15% dari 243 siswa yaitu 36 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Adapun objek pada penelitian ini adalah pengaruh persepsi siswa tentang kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam. Untuk menjaring data di lapangan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dapat dikatakan baik, dengan persentase 96,2% dan minat belajar Pendidikan Agama Islam dapat dikatakan baik dengan persentase 92,03%. Setelah dikonsultasikan dengan tabel “r” product moment (ddengan harga taraf signifikan 1% = 0,418 dan 5%= 0,325), ternyata harga phi adalah 0,113 lebih kecil dari pada “r” tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0,113<0,325<0,418). Ini berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan antara persepsi siswa tentang kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMA Negeri 2 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:52
Last Modified: 07 Sep 2016 09:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5628

Actions (login required)

View Item View Item