Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MURID KELAS V PADA MATERI AKIDAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI SDN 031 PONGKAI ISTIQOMAH KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

INDRIANI (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MURID KELAS V PADA MATERI AKIDAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI SDN 031 PONGKAI ISTIQOMAH KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013625PAI.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 031 Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam murid kelas V Pada Materi Akidah di SDN 031 Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar? Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2011- 2012 dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Berhasilnya penerapan pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Hal ini terlihat bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat dari 5 (41,67%) orang siswa yang tuntas pada sebelum tindakan, menjadi 7 orang siswa (58,33%) pada siklus I. Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 91,67% atau sekitar 11 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:50
Last Modified: 07 Sep 2016 09:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5604

Actions (login required)

View Item View Item