Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KUALITAS FISIK WAFER BERBAHAN TEPUNG KULIT NANAS (Ananas comosus L Merr) DAN INDIGOFERA (Indigofera zollingeriana) DENGAN BAHAN PEREKAT YANG BERBEDA

ABDUL HANIF, - (2021) KUALITAS FISIK WAFER BERBAHAN TEPUNG KULIT NANAS (Ananas comosus L Merr) DAN INDIGOFERA (Indigofera zollingeriana) DENGAN BAHAN PEREKAT YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu alternatif yang bisa digunakan sebagai pengganti hijauan pakan ternak adalah wafer berbahan tepung kulit nanas dan indigofera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas fisik wafer (warna, aroma, tekstur, kerapatan, kadar air dan daya serap air, berbahan tepung kulit nanas dan indigofera yang diberi bahan perekat berbeda. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial (3x3) dengan 3 ulangan. Faktor A terdiri dari bahan penyusun ransum wafer yaitu, A0= 100% kulit nanas, A1= kombinasi 50% kulit nanas + 50% daun indigofera, A2= 100% daun indigofera dan faktor B bahan perekat, terdiri dari, B0= tanpa perekat, B1= molases, A2= tepung tapioka. Parameter yang diamati meliputi warna, aroma, tekstur, kerapatan, kadar air dan daya serap air. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat interaksi (P<0,01) antara kombinasi tepung kulit nanas dan indigofera yang menggunakan bahan perekat molasses dan tepung tapioka terhadap aroma, warna, tekstur dan kadar air. Kombinasi 50% kulit nanas + 50% indigofera dengan berbahan perekat molasses menghasilkan kualitas fisik wafer terbaik (aroma, warna, tekstur, dan kerapatan). Kata kunci : kualitas fisik, kulit nanas, indigofera, molasses, tepung tapioca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 18 Nov 2021 02:38
Last Modified: 18 Nov 2021 02:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55994

Actions (login required)

View Item View Item