SAID FAHRULLIANSYAH, - (2021) STRATEGI BERSAING KEDAI BOROBUDUR 4.0PEKANBARU DALAM PENGEMBANGAN USAHA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (869kB) |
Abstract
ABSTRAK Said Fahrulliansyah (2021): Strategi Bersaing Kedai Borobudur 4.0 Pekanbaru dalam Pengembangan Usaha Menurut Perspektif Ekonomi Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya peningkatan dan penurunan dari segi omset penjualan di Kedai Borobudur 4.0 Pekanbaru. Penjualan di Kedai Borobudur 4.0 Pekanbaru tergantung dari jumlah pengunjung yang datang, dan biasanya omset akan mengalami kenaikan pada saat hari weekend. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bersaing yang dilakukan Kedai Borobudur4.0 Pekanbaru dalam pengembangan usaha, kendala yang dihadapi dan tinjauan Ekonomi Islam terhadap strategi bersaing Kedai Borobudur 4.0 Pekanbaru dalam pengembangan usaha. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pemilik, karyawan, dan pelanggan Kedai Borobudur 4.0 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik, manager dan karyawan yang berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bersaing Kedai Borobudur 4.0 Pekanbaru dalam pengembangan usaha lebih menenkankan strategi differensiasi (differentiation strategy), strategi fokus, strategi manajemen, strategi pengembangan sumber daya, namun Kedai Borobudur 4.0 tidak menggunakan strategi kepemimpinan harga. Kendala yang dihadapi yaitu meningkatnya harga bahan baku, sumber daya manusia yang terbatas, dan permasalahan dalam permodalan. Strategi bersaing dalam pengembangan Usaha Kedai Borobudur 4.0 Pekanbaru secara umum telah sesuai dengan tinjuan ekonomi Islam, terlihat dari strategi differensiasi produk, produk yang ditawarkan baik dan halal, harga bersaing, manajemen yang sesuai dengan yang dibenarkan dalam Islam dengan menekankan pada wilayah halal dan haram, termasuk menyediakan fasilitas mendukung seperti adanya fasilitas musholla yang disediakan sebagai salah satu perwujudan dari pengimpelementasian Islam dalam pengelolaan usahanya. Kata Kunci: Strategi Bersaing, Pengembangan Usaha,Strategi Differensiasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fekon - |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 02:23 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 02:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55985 |
Actions (login required)
View Item |