Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Abuddin Nata dalam buku Pendidikan Islam di Era Milenial

Muhamad Fadli, - (2021) Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Abuddin Nata dalam buku Pendidikan Islam di Era Milenial. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhamad Fadli, (2021): Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Abuddin Nata dalam buku Pendidikan Islam di Era Milenial Penelitian ini membahas tentang konsep pendidikan karakter perspektif Abuddin Nata yang terdapat di dalam buku Pendidikan Islam di Era Milenial.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan karakter perspektif Abuddin Nata dalam buku Pendidikan Islam di Era Milenial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) yang berhubungan dengan isi yang terkandung dalam buku Pendidikan Isalm di Era Milenial. Teknik analisis isi dilakukan dengan cara mengodekan kata atau istilah, mengklasifikasikan, manganalilsis, dan mendeskripsikan hasil analisis. Hasil penelitian menyimpulkan Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Abuddin Nata dalam buku Pendidikan Islam di Era Milenial bahwa pendidikan karakter adalah upaya sistematis dalam membentuk tabiat dengan cara menanamkan nilai-nilai kebaikan. Tujuannya untuk mengembangakan jiwa ke arah lebih baik. Fungsinya sebagai langkah preventif dan kuratif bagi suatu bangsa. Terdapat empat prinsip (sistematis, praktis, diajarkan melalui semua mata pelajaran dan menyenagankan). Menerapkan model pembelajaran holistik dengan pendekatan keteladanan dan pembiasaan dengan menggunakan startegi pendidikan agama. Terdapat 13 nilai yang harus diajarkan yaitu ikhlas, rela, tabah, kejujuran, keadilan, saling menyayangi, saling mencintai, tolong-menolong, toleransi, bersaudara, kesetiakawanan, kebebasan dan kemandirian. Sedangkan faktor yang mempengaruhi seseorang adalah keluarga, sekolah, masyarakat dan media massa. Kata Kunci: Konsep Pendidikan Karakter, Abuddin Nata, Pendidikan Islam di Era Milenial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:34
Last Modified: 16 Nov 2021 03:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55964

Actions (login required)

View Item View Item