ERMA YUSRITA (2013) PENERAPAN METODE IQRA’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PADA SISWA KELAS III SDN 003 SUNGAI RAYA MERAL KARIMUN KABUPATEN KARIMUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_2013586PAI.pdf Download (906kB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan proses pembelajaran di kelassebagianditentukanolehstrategipembelajaran. Olehkarenaitu, setiapakanmengajar guru diharuskanuntukmenerapkanstrategiataumetodetertentudalampelaksanaanpembela jaran. Penelitianiniberdasarkanpermasalahan, “Bagaimanakahupayapeningkatankemampuanmembaca Al-Qur’an padamatapelajaran Al-Qur’an Haditskelas3 SDN 003 Sungai Raya MeralKarimundenganmenggunakanmetodeIqra’?”. Adapuntujuandaripenelitianiniadalah, untukmengetahuiupayapeningkatankemampuanmembaca Al-Qur’an padamatapelajaran Al-Qur’an Haditskelas3 SDN 003 Sungai Raya MeralKarimundenganmenggunakanmetodeIqra. Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakan (action research) sebanyaktigasiklus.Setiapsiklusterdiridariempattahapyaitu: rancangan, kegiatandanpengamatan, refleksi, danrevisi. Sasaranpenelitianiniadalahsiswakelas3 SDN 003 Sungai Raya MeralKarimun.Data yangdiperolehberupahasiltesformatif, lembarobservasikegiatanbelajarmengajar. Dari hasilanalisisdidapatkanadanyapeningkatandaripelaksanaantindakansiklus I, II, dan III. Padatindakanpelaksanaanperbaikanpembelajaransiklus I, kemampuanmembacadariseluruhsiswakelas 3 SDN 003 Sungai Raya mencapai 61,6%, padatindakansiklus II mengalamipeningkatanmenjadi 68,6%. Sedangkanpadatindakansiklus III jugamengalamipeningkatan yang cukupsignifikanyaitumencapai 71,8%. Berdasarkanhasilanalisispenelitiantindakankelasini, makadapatdisimpulkanbahwapenerapanmetodeIqro’ dapatmeningkatkankemampuanmembaca Al Quran padasiswakelas 3 SDN 003 Sungai Raya MeralKarimun.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:49 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5587 |
Actions (login required)
View Item |