Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP/MTs

SANDRA KARTIKA, - (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Sandra Kartika, (2021) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Discovery Learning pada Materi Segiempat di Kelas VII SMP/MTs Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Siswa Matematika berbasis Discovery Learning yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif pada materi segiempat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di Dar El Hikmah Pekanbaru, ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yaitu berasal dari dosen, guru mata pelajaran matematika dengan jenjang pendidikan minimal S2. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis Discovery Learning pada materi segiempat. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen uji validitas yang terdiri dari lembar validasi instrumen dan lembar uji validitas perangkat yang terdiri dari ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran, instrumen uji kepraktisan berupa angket respon siswa dan instrumen uji keefektifan berupa soal tes matematika. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas oleh ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran, LKS berbasis Discovery Learning dinyatakan sangat valid dengan presentase tingkat kevalidan 84%. Hasil uji kepraktisan kelompok kecil dengan jumlah responden 7 orang dinyatakan sangat praktis dengan presentase kepraktisan 87,9%. Kemudian, untuk uji keefektivan LKS tidak dapat dilaksanakan karena kondisi tidak mendukung dimasa pandemi covid-19. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Discovery Learning, Segiempat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Nov 2021 04:13
Last Modified: 04 Nov 2021 04:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55819

Actions (login required)

View Item View Item