HAJARNIAH (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJARMATERI MENGHINDARI PERILAKU YANG TERCELA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 009 TELUK PAKU KABUPATEN KARIMUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_2013567PAI.pdf Download (488kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Meningkatkan penguasaan materi menghindari perilaku tercela melalui metode role playing pada siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 009 Teluk Paku Kabupaten Karimun. Penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai investor pembelajaran sehingga menggali potensi dan minat siswa serta dapat memicu motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan diatas VI Sekolah Dasar Negeri 009 Teluk Paku Kecamatan Meral Kabupaten Karimun, karena penulis melihat penguasaan “materi menghindari perilaku tercela “ dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong rendah yaitu 16%, ini berdasarkan hasil observasi sebelum dilaksanakn tindakan. Hasil penelitia setelah dilakukan tindakan yakni dengan menerapkan metode Role Playing, penguasaan dan kreativitas terutama pada materi menghindariperilaku tercela terjadi peningkatan. Penelityian ini dilakukan dengan tiga siklus, dengan hasil observasi siklus pertama rata-rata 41%, siklus kedua dengan rata-rata 59%, dan siklus ketiga dengan rata-rata 77%. Dari hasil pelaksanan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), siklus pertama, siklus kedua dan siklus ketiga, dapat disimpulkan bahwa metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar dan penguasaan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, terutama pada materi menghindari perilaku tercela di kelas VI SD Negeri 009 Teluk Paku Kecamatan Meral KAbupaten Karimun.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:49 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5581 |
Actions (login required)
View Item |