RAMLAN (2013) PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR SWASTA 007 PASIR PANJANG MERAL KARIMUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_2013566PAI.pdf Download (505kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Penerapan metode talking stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pai pada siswa kelas VI Sekolah Dasar Swasta 007 pasir panjang meral karimun. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam Pendidikan Agama Islam terutama pada materi Zakat melalui peran sebagai inavator pembelajaran, sehingga bisa menggali potensi dan minat siswa serta dapat memicu motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan kelas VI Sekolah Dasar Swasta 007 Pasir Panjang Meral Karimun, karena penulis melihat penguasaan “materi zakat” dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong rendah yaitu 17,7%, ini berdasarkan hasil observasi sebelum dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan yakni dengan menerapkan metode Tolking Stick, penguasaan dan kreativitas terutama pada materi zakat terjadi peningkatan. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus, dengan hasil observasi siklus pertama rata-rata 46,7%, siklus kedua dengan rata-rata 76,7%, dan siklus ketiga dengan rata-rata 87,8%. Dari hasil pelaksanan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), siklus pertama, siklus kedua dan siklus ketiga, dapat disimpulkan bahwa metode Tolking Stick dapat meningkatkan hasil belajar dan penguasaan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, terutama pada materi zakat di kelas VI SD Negeri 009 Teluk Paku Kecamatan Meral Kabupaten Karimun.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:49 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5580 |
Actions (login required)
View Item |