Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE LATIHAN (DRILL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA SEJUMLAH SURAH-SURAH PENDEK PILIHAN PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 56 KELURAHAN BALAI MAKAM DURI.

SAPRIDA (2013) PENERAPAN METODE LATIHAN (DRILL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA SEJUMLAH SURAH-SURAH PENDEK PILIHAN PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 56 KELURAHAN BALAI MAKAM DURI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013555PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa membaca surah-surah pendek pilihan dengan lancar dan tepat, pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun rumusan masalah ini adalah : Apakah penerapan metode latihan (Drill) dapat meningkatkan kemampuan membaca surah-surah pendek dengan baik dan benar pada mata pelajaran Agama Islam siswa Kelas IV. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang siswa. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah penerapan metode latihan (drill) untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca surah-surah pendek pilihan pada mata pelajaran Agama Islam siswa Kelas IV. Metode latihan (drill) adalah metode yang mengulang-ulang membaca tanpa menggunakan teks atau buku. Metode ini penulis gunakan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus, tiap siklus dilakukan dengan satu kali pertemuan. Dari hasil tes kemampuan siswa membaca surah-surah pendek pilihan pada kemampuan awal sebelum dilakukan tindakan hanya mencapai rata-rata 52.25, pada siklus I meningkat dengan rata-rata 54.75, pada siklus II terjadi peningkatan 76,25. Selama pembelajaran berlangsung terjadi peningkatan 36,15%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode latihan (drill) dapat meningkatkan kemampuan membaca surah-surah pendek dengan baik dan benar pada mata pelajaran agama Islam dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:48
Last Modified: 07 Sep 2016 09:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5575

Actions (login required)

View Item View Item