Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING (BK) MENANGANI MASALAH SISWA YANG TERLIBAT GENG MOTOR (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Siak Hulu)

Qori Alfirzy, - (2021) STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING (BK) MENANGANI MASALAH SISWA YANG TERLIBAT GENG MOTOR (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Siak Hulu). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
skripsi gabung.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
hasil dan pembahasan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)

Abstract

ABSTRAK Qori Alfirzy (2021): Strategi Guru Bimbingan Konseling (BK) Menangani Masalah Siswa yang Terlibat Geng Motor (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Siak Hulu). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Strategi yang digunakan guru Bimbingan Konseling (BK) dalam menangani siswa yang terlibat geng motor, (2) Peran guru BK dalam menangani masalah siswa yang terlibat Geng Motor. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek Penelitian adalah Guru Bimbingan Konseling di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 04 Siak Hulu yang dipilih secara purposive sampling yaitu Guru yang lebih lama menjabat sebagai guru BK di SMP tersebut. Objek penelitian adalah Penanganan Guru BK pada Siswa yang terlibat Geng Motor. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi yang dilaksanakan Guru BK memahami terlebih dahulu dari yang didapat, dilihat dan dipahami kebenarannya sebelum melakukan layanan atau tindakan seperti masalah yang didapat siswa yang terlibat geng motor adanya masalah masalah keluarga dan Guru BK mempertegas identitas sebagai siswa yang baik dan benar, memberi motivasi/masukan kepada siswa serta memanfaaatkan apa yang ada dengan baik dan benar seperti disediakan sarana dan prasarana dan siswa diwajibkan memilih jenis olahraga pengembangan diri di sekolah. (2) Peran Guru BK dalam menangani masalah siswa yang terlibat geng motor dengan selalu menerapkan kode etik konselor menyelesaikan masalah siswa, memegang teguh kode etik kerahasiaan seperti merahasiakan segala data dan atau keterangan klien berdasarkan ikrar/janji konselor. Penelitian ini, memberikan kemanfaatan dalam menangani masalah siswa yang terlibat dengan geng motor. Diharapkan penelitian bisa menjadi landasan bagi guru dan orang tua dalam menangangi masalah siswa yang terlibat geng motor. Orang tua perlu memberikan perhatian penuh terhadap anak supaya anak tidak terlibat dengan geng motor yang membuat anak kearah yang negatif. Kata Kunci: Strategi Guru BK dan Siswa terlibat Geng Motor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Oct 2021 01:20
Last Modified: 22 Oct 2021 01:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55622

Actions (login required)

View Item View Item