Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENERAPKAN TEORI BELAJAR STIMULUS RESPON DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

LIZERMI (2013) KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENERAPKAN TEORI BELAJAR STIMULUS RESPON DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013512PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SkripsiiniberjudulKemampuan Guru Pendidikan Agama Islam MenerapkanTeoriBelajar Stimulus ResponDalam Proses BelajarMengajar Di SekolahMenegahPertamaMuhammadiyah 1 Pekanbaru. Masalahpokok yang dikajiadalahBagaimanaKemampuan Guru Pendidikan Agama Islam MenerapkanTeoriBelajar Stimulus Respon Di SekolahMenengahPertamaMuhammadiyah 1 Pekanbaru.Masalahinimunculkarenadalamteoribelajardiperlukanadanyakemampua n guru menstimulussiswa, agar siswamemberikanrespon yang positifterhadapapa yang disampaikanoleh guru, denganadanya stimulus responakanmelahirkanaktivitasbelajarmengajar yang aktifdanefektif. Dari pengamatanterhadapaktivitasbelajarPendidikan Agama Islam di SekolahMenengahPertamaMuhammadiyah 1 terlihatsiswamemberikanrespon yang positif.Kenyataantersebutmemunculkanpertanyaanapakahresponpositifsiswaadahu bungannyadengankemampuan guru menerapkanteoribelajar stimulus respon ? Untukmenjawabpertanyaan di atasdilakukanpenelitiandenganmenjadikan guru Pendidikan Agama Islam dansiswakelas IX sebagaiobjek, denganteknikpengumpulan data berupaobservasi, angketdandokumentasi. Dari penelitian yang telahdilakukandiperolehkesimpulanbahwadarihasilobservasitentangKemampuan Guru MenerapkanTeoriBelajar Stimulus Respon, diperolehangka 66%.Kemampuan guru tersebutterkategorikanbaik,.Adapunpersepsisiswatentangpenggunaanteoribelajar stimulus responoleh guru beradapadaangka 85,17%, persepsisiswa yang sangatpositiftersebutmemunculkanrespon yang sangatpositif pula darisiswayaitusebesar 91,86%. DengandemikiandapatdisimpulkanbahwaKemampuan Guru MenerapkanTeoriBelajar Stimulus Responmemunculkanrespon yang sangatpositifdarisiswasebesar 91,86%. Adapunfaktor-faktor yang mempengaruhiKemampuan Guru MenerapkanTeoriBelajar Stimulus RespondalamPembelajaranPendidikan Agama Islam adalah : 1. Latarbelakangpendidikan guru yang mendukung, karena guru tersebutberlatarbelakangPendidikan Agama Islam 2. Guru-guru Pendidikan Agama Islam yang mengajar di SekolahMenengahPertamaMuhammadiyahPekanbarutelahberpengalamand alammengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:46
Last Modified: 08 Sep 2016 04:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5554

Actions (login required)

View Item View Item