Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN FUNGSI GURU PENDIDIDKAN KEAGAMAAN SEBAGAI KONSELOR DI MADARASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU KECAMATAN MARPOYAN DAMAI

ARI SAPUTRA (2013) PELAKSANAAN FUNGSI GURU PENDIDIDKAN KEAGAMAAN SEBAGAI KONSELOR DI MADARASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU KECAMATAN MARPOYAN DAMAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013436PAI.pdf

Download (640kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan fungs guru bidang studi agama sebagai konselor di Madrasah Aliyah Negeri Satu Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berjumlah sepuluh orang. Sedangkan objeknya adalah Penerapan Fungsi guru Pendidikan Agama Islam sebagai konselor di Madrasah Aliyah Negeri Satu Pekanbaru. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik observasi dilakukan untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan Pelaksanaan fungs guru bidang studi agama sebagai konselor. Teknik wawancara digunakan untuk mendapatkan data faktor-faktor yang mempengaruhinya, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data yang berkenaan dengan madrasah. Observasi dilakukan 30 kali dengan 10 responden. Penulis langsung mengamati proses penerapan fungsi guru sebagai konselor yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam bersama peserta didik. Analisa data menunjukkan bahwa dari 10 aspek yang diamati secara keseluruhan dari responden, terlihat bahwa 172 (57%) guru melaksanakan. Sedangkan yang tidak dilaksanakan sebesar 128 (43%). Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan fungs guru bidang studi agama sebagai konselor di Madrasah Aliyah Negeri Satu Pekanbaru tergolong cukup baik. Factor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan fungsi guru sebagai konselor adalah: pengetahuan dan latar belakang guru, alokasi waktu dsalam proses membimbing kurang maksimal, dan minat siswa kurang untuk menceritakan masalahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:45
Last Modified: 08 Sep 2016 04:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5538

Actions (login required)

View Item View Item