Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 PEKANBARU

ZAITUL WARIS (2012) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013288PAI.pdf

Download (951kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif (belajar kelompok) dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Pekanbaru. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara setelah dianalisa dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Pekanbaru adalah Baik Sekali dengan persentase 86,1 %. Adapun faktor pendukungnya yakni : (a) Hampir seluruh guru mengetahui tentang implementasi model pembelajaran kooperatif ini, sehingga memudahkan mereka dalam pengajaran. (b) Rata-rata seluruh guru pernah mengikuti penataran tentang implementasi model kooperatif ini. (c) Para guru selalu membuat Rencana Program Pembelajaran. (d) Ketersedian bahan diskusi dan kemampuan siswa sudah memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yakni: (a) ada sebagian siswa yang tidak serius dalam mengerjakan tugas. (b) tugas kelompok pengerjaannya sering tertumpuk pada sebagian siswa. (c) tidak semua guru yang mau menerapkan kooperatif ini setiap kali masuk, karena menurut mereka banyak menghabiskan waktu. (d) keterbatasan sarana seperti buku-buku pembelajaran Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan 3 orang guru Pendidikan Agama Islam sebagai sampel dan cara pengumpulan datanya dengan tiga cara yakni: Observasi, Wawanara, Dokumentasi. Setelah semua data terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus P = F / N x 100 % dimana P= Angka persentase, F = Frekuensi jawaban responden dan N = Jumlah total.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:42
Last Modified: 08 Sep 2016 04:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5522

Actions (login required)

View Item View Item