TUTI YURINDI ANTIKA (2012) KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU SKI DALAM MERUMUSKAN LANGKA-LANGKAH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MTs MUHAMMADIYAH PENYASAWAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_2013261PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) bagaimana kompetensi guru sejarah kebudayaan islam dalam merumuskan langkah-langkah rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) apa factor yang mempengaruhi guru dalam merumuskan langkah-langkah rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana kompetensi profesionalisme guru sejarah kebudayaan islam dalam merumuskan langkah-langkah rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) untuk mengetahui apa factor yang mempengaruhi kompetensi profesionalisme guru sejarah kebudayaan islam dalam merumuskan langkah-langkah rencana pelasanaan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 (orang) guru yang mengajar SKI dan Objeknya adalah kompetensi profesionalisme guru sejarah kebudayaan islam dalam merumuskan langkah-langkah rencana pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan rumus: P = F / N x 100 % P = Besar presentasi alternative jawaban F = Frekuensi alternative jawaban responden N = Jumlah sampel penelitian Berdasarkan data yang telah disajikan dan di analisis, maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesionalisme guru sejarah kebudayaan islam dalam merumuskan langkah-langkah rencana pelaksanaan pembelajarandi Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar tergolong masuk kategori Efektif dengan jumlah persentase 58.07% , hasil ini sesuai dengan standar yang telah di tetapkan yaitu 56.75% yang masuk dalam kategori “Efektif”. Dalam penelitian ini dapat diketahui factor-faktor yang mempengaruhi kompetensi profesionalisme guru SKI dalam merumuskan langkah-langkah rencana pelaksanaan pembelajaran (a) Adanya waktu pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang memadai (b) Adanya pengalaman guru terhadap penggunaan dan langkah-langkah dalam menggunakan atau membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran itu sendiri (c) Adanya fasilitas belajar khususnya yang berkaitan dengan Pelajaran Searah Kebudaaan Islam. (d) Adanya minat belajar siswa dalam pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:42 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5519 |
Actions (login required)
View Item |