Zulmaina (2012) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUHAJIRIN KECAMATAN TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_2013196PAI.pdf Download (824kB) | Preview |
Abstract
Kompetensi kepribadian memberikan gambaran kemampuan guru sebagai seseorang yang bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia. Seorang guru harus dapat menghargai peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku, adat-istiadat, daerah asal, dan gender. Bersikap sesuai dengan norma agama yang dianut, hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat, serta kebudayaan nasional Indonesia yang beragam. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara ditemukan gejala-gejala sebagai berikut: Guru bersikap kurang terbuka kepada siswa, sehingga siswa tidak berani memberikan kritik kepada guru apabila metode yang dipakai kurang menarik, guru kurang bijaksana dalam menyampaikan materi pelajaran, guru belum mencontohkan prilaku sesuai dengan norma agama, dan adanya sebagian guru yang menampilkan diri sebagai pribadi yang tidak bertanggung jawab dengan pekerjaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru dalam mengembangkan materi pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al- Muhajirin Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rohil dan untuk mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi kompetensi kepribadian guru dalam mengembangkan materi pembelajaran Aqidah Akhlak. Populasi pada penelitian ini adalah 2 orang guru aqidah akhlak dan 46 orang siswa khususnya kelas VIIIa MTs AL-Muhajirin Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Berdasarkan hasil penelitian, maka diketahui hasil angket yang diperoleh dari 46 siswa di MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rohil dapat disimpulkan bahwa Kompetensi Kepribadian Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir tergolong cukup baik dengan persentase rata-rata 78,55%, dan dari hasil observasi dari keseluruhan indikator diketahui bahwa Kompetensi Kepribadian Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir juga sudah tergolong baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:40 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5509 |
Actions (login required)
View Item |