YOSSY HARYUNI, - (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN INQUIRY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
YOSSY HARYUNI (2021) : PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN INQUIRY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKS dalam pembelajaran matematika berbasis pendekatan Inquiry yang memenuhi kriteria valid, praktis, efektif dalam memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan objek penelitian adalah LKS matematika berbasis Inquiry. Sampel dalam penelitiaan ini adalah kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan LKS. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (88%) dan sangat praktis ( untuk kelompok kecil dan untuk kelompok besar). Sedangkan nilai sebesar dan nilai pada taraf signifikan sebesar maka atau , sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan komunikasi matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis pendekatan Inquiry ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: LKS, Pendekatan Inqury, Kemampuan Komunikasi Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 02:41 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 02:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55067 |
Actions (login required)
View Item |