Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS DI KELAS II SDN 006 SAGULUNG

ROGAYAH (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS DI KELAS II SDN 006 SAGULUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013176PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan kemampuan menghafal dan menterjemahkan Al-Quran melalui strategi practice rehearsal pairs di kelas V SDN 006 Sagulung dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Batasan masalah dalam pembahasan yang dibahas adalah yang Kemampuan murid menghafal dan menterjemahkan Al-Quran melalui strategi practice rehearsal pairs dalam meningkatkan hasil belajar peseta didik di Sekolah Dasar 006 Sagulung Batu Aji Kota Batam. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk menjelaskan kemampuan murid menghafal dan menterjemahkan Al-Quran melalui strategi practice rehearsal pairs dalam meningkatkan hasil belajar. Sedangkan kegunaannya adalah untuk melengkapi syarat-syarat guna mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan Agama Islam. Dalam pembahasan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). PTK adalah kegiatan penelitian yang berupaya meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar melalui suatu tindakan berbentuk siklus berdasarkan pencermatan guru yang mendalam terhadap permasalahan yang terjadi dan berkeyakinan akan mendapatkan solusi terbaik bagi siswa di lingkungan kelasnya sendiri. Adapun hasil pembahasan dari penulisan penelitian ini adalah: Siklus I, siswa yang belum tuntas atau belum mencapai KKM sebesar 33.33% sedangkan siswa yang telah tuntas belajarnya 66.66%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67.86%. Berdasarkan hasil tes tersebut maka pada siklus I ini keberhasilan penelitian belum tercapai karena siswa yang sudah mencapai taraf ketuntasan minimal yang ditetapkan ≤ 75%. Siklus II, siswa sudah mencapai ketuntasan belajar 100%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai 87.91%. Hal ini menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam dengan mengunakan strategi practice rehearsal pairs sudah berhasil karena tingkat ketuntasan minimal perolehan siswa adalah ≥ 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:40
Last Modified: 07 Sep 2016 09:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5506

Actions (login required)

View Item View Item