MARLINI (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBEDAKAN ALIF LAM SYAMSIYAH DAN QOMARIYAH PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI NATURAL METHOD KELAS IV PADA SEKOLAH DASAR NEGERI OO7 LUBUK BAJA BATAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_2013174PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di Sekolah Dasar Negeri 007 Lubuk Baja Batam terdapat gejala-gejala dalam proses belajar mengajar yang menunjukkan rendahnya kemampuan belajar siswa. Nilai rata-rata sebagian siswa hanya 5,93 dari kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan 6,5. Sulitnya siswa membaca al-Qur’an dengan menggunakan tajwid hanya sebagian siswa dari 28 orang yang mampu membaca. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca al-Qur’an dengan menggunakan tajwid alif lam syamsiyah dan alif lam qomariyah tergolong rendah. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut, maka diterapkanlah metode natural method. Adapun rumusan masalahnya adalah apakah metode natural method dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Lubuk Baja Batam pada materi surat al-Fatihah dalam pelajaran membaca al- Qur’an. Tujuan peneliti adalah untuk meningkatkan kemampuan kemampuan siswa pada materi surat al-Fatihah dengan tajwid alif lam syamsiyah dan alif lam qomariyah. Penelitian ini dilakukan dua siklus dan tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan secara bertahap. 1. Perencanaan/persiapan tindakan 2. Pelaksanaan tindakan 3. Observasi 4. Refleksi. Bedasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa data awal kemampuan siswa dengan presentase 5,93% terjadi peningkatan pada siklus I dengan presentase 6,79%, dan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata presentase 84,3%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:40 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5504 |
Actions (login required)
View Item |