Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PROGRAM USAHA SIMPAN PINJAM (USP) “HARAPAN KITA” TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA PANGKALAN NYIRIH KECAMATAN RUPAT KABUPATEN BENGKALIS

APRILIANA, - (2021) PENGARUH PROGRAM USAHA SIMPAN PINJAM (USP) “HARAPAN KITA” TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA PANGKALAN NYIRIH KECAMATAN RUPAT KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena keterbatasan modal usaha masyarakat untuk mengembangkan usaha dalam meningkatkan pendapatannya, dan Program Usaha simpan pinjam (USP) Harapan kita memberikan bantuan pinjaman modal usaha untuk masyarakat, alasan Penulis memilih Usaha Simpan Pinjam (USP) Harapan Kita sebagai penelitian karena peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh Usaha simpan pinjam (USP) Harapan Kita terhadap peningkatan ekonomi, dengan adanya Usaha simpan pinjam tersebut diharapkan agar masyarakat sekitar mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok, mampu membuka usaha dan mengembangkan usahanya, serta meningkatkan perekonomian. Penelitian ini memfokuskan Seberapa besar pengaruh Usaha simpan pinjam (USP) Harapan Kita Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Desa Pangkalan Nyirih Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dengan teknik analisis data Correlations Coefficient Moment menggunakan alat bantu SPSS 17.0. Teknik pengumpulan data dengan observasi, kuisioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat nasabah Usaha Simpan Pinjam (USP) Harapan Kita yang berjumlah 515 pemanfaat. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Stratikasi Random Sampling, yaitu suatu teknik pengambilan sampel dengan memperhatikan suatu tingkatan (strata) pada elemen populasi dengan menggunakan rumus Slovin, didapatkan sampel sebanyak 84 sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dimana nilai koefesien korelasi (r) sebesar 0,643 (64,3 %) berada di interval 0,60-0,79. Jadi dapat Penulis simpulkan variabel independent (Pengaruh Program Usaha Simpan Pinjam (USP) Harapan Kita) menjelaskan berpengaruh terhadap variabel dependent (Peningkatan Ekonomi) yang berarti kuat berpengaruh. Adapun pada koefesien determinasi sebesar 0,643 (64,3%). Jadi penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara Program Usaha Simpan Pinjam (USP) Harapan Kita Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Desa Pangkalan Nyirih Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis. Kata Kunci : Pengaruh, Usaha Simpan Pinjam, Peningkatan Ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 19 Aug 2021 02:50
Last Modified: 19 Aug 2021 02:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54944

Actions (login required)

View Item View Item