Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pelaksanaan Layanan Informasi dalam Peningkatan Pengembangan Diri Anak Tunagrahita di SLB Pelita Hati Pekanbaru

Nurhasanah, - (2021) Pelaksanaan Layanan Informasi dalam Peningkatan Pengembangan Diri Anak Tunagrahita di SLB Pelita Hati Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurhasanah (2021): Pelaksanaan Layanan Informasi dalam Peningkatan Pengembangan Diri Anak Tunagrahita di SLB Pelita Hati Pekanbaru Penelitian ini dilakukan di Sekolah Luar Biasa Pelita Hati Pekanbaru yang dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi pada anak-anak didik Tunagrahita. Anak tunagrahita yaitu anak dengan permasalahan terhadap pengembangan diri. Anak dengan keterbelakangan mental tidak dapat hidup sendiri, mereka selalu membutuhkan bantuan dan pertolongan dari orang lain. Tidak seperti anak normal pada umumnya. Hal ini disebabkan karena kecerdasan intelektual anak tunagrahita jauh dibawah rata-rata yang membuat anak sulit untuk dapat mengembangkan diri serta beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Melalui bimbingan konseling dalam layanan informasi dapat membantu anak tunagrahita memahami, meningkatkan, mengembangkan, dan menumbuhkan potensi-potensi yang ada pada diri anak tunagrahita sehingga mereka mampu untuk dapat hidup bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan informasi sebagai metode dalam meningkatkan pengembangan diri anak tunagrahita. Jenis metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, yaitu berupa katakata maupun lisan. Penelitian ini menggunakan tiga teknik yang digunakan dalam penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta tiga informan sebagai penguat data dalam penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan dengan guru dan pengamatan perilaku anak menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan informasi dalam peningkatan pengembangan diri anak tunagrahita sudah dilaksanakan dengan baik dan memiliki hasil yang positif terhadap pengembangan diri anak tunagrahita. Hal ini ditunjukan dengan perubahan prilaku pada anak tunagrahita dengan menekankan empat konsep seperti merawat diri, mengurus diri menolong diri dan berkomunikasi serta bersosialisasi dengan lingkungan. Kata Kunci: Layanan Informasi, Pengembangan Diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:49
Last Modified: 18 Aug 2021 04:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54851

Actions (login required)

View Item View Item