Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROSEDUR PELELANGAN BARANG JAMINAN PADA AKAD MURABAHAH DI BANK SUMUT CABANG SYARIAH TEBING TINGGI

Sinta Noviana, - (2021) PROSEDUR PELELANGAN BARANG JAMINAN PADA AKAD MURABAHAH DI BANK SUMUT CABANG SYARIAH TEBING TINGGI. Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sinta Noviana (2021) : Prosedur Pelelangan Barang Jaminan Pada Akad Murabahah di Bank Sumut Cabang Syariah Tebing Tinggi. Latar belakang dalam penelitian ini bahwa pembiayaan murabahah merupakan transaksi jual beli suatu barang sebesar harga perolehan barang ditambah dengan margin yang disepakati oleh para kedua belah pihak. Dan pembayaran dapat dilakukan secara tunai maupun cicilan, saat debitur yang membayar dalam cara cicilan harus mempunyai barang jaminan sebagai jaminan jika terjadi masalah dalam pembayaran atau disebut kredit macet. Ketika nasabah tidak mampu melakukan pembayaran maka pihak bank akan melakukan pelelangan barang jaminan tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui prosedur pelelangan barang jaminan pada akad murabahah di Bank Sumut Cabang Syariah Tebing Tinggi dan untuk mengetahui penyelesaian pelelangan barang jaminan pada akad murabahah di Bank Sumut Cabang Syariah Tebing Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, dilakukan di Bank Sumut Cabang Syariah Tebing Tinggi. Dengan key informan dalam penelitian ini adalah 2 pegawai selaku Administrasi Pembiayaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif. Setelah dilakukan penelitian dan analisa data, secara umum dapat disimpulkan bahwa pelelangan barang jaminan terjadi disebabkan karena nasabah atau debitur mengalami masalah dalam utangnya atau disebut kredit macet. Pelelangan dilakukan sesuai dengan tahap-tahap yang telah disahkan oleh pihak Bank Sumut Cabang Syariah Tebing Tinggi yaitu: 1) mengirimkan Surat Pemberitahuan Tunggakan (SPT), 2) melakukan call report, 3) mengirimkan Surat Peringatan 1,2 dan 3, 4) penyitaan barang jaminan, dan 5) mengajukan berkas lelang ke pihak KPKNL. Penyelesaian lelang dilakukan dengan tahap-tahap sebagai berikut: 1) cara penawaran, 2) melakukan pendaftaran, 3) waktu dan pelaksanaan, 4) ketentuan uang jaminan lelang, 5) penawar lelang 6) pelunasan objek lelang, dan 7) objek lelang. Kata Kunci : Pelelangan, Barang Jaminan, Akad Murabahah.

Item Type: Thesis (Laporan)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Aug 2021 03:49
Last Modified: 16 Aug 2021 03:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54809

Actions (login required)

View Item View Item