Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KETERAMPILANGURU MEMBERIPENGUATAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FIKIH SISWADI MADRASAH TSANAWIYAH HIDAYATULLAH LUBUK DALAM KABUPATEN SIAK

SURANI (2013) PENGARUH KETERAMPILANGURU MEMBERIPENGUATAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FIKIH SISWADI MADRASAH TSANAWIYAH HIDAYATULLAH LUBUK DALAM KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013103PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruhketerampilan guru memberikan penguatan terhadap motivasi belajar fikih siswa di Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Lubuk Dalam kabupaten Siak tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru bidang studi fikih yang berjumlah 1 orang dan seluruh siswa madrasah Tsanawiyah Hidayatullah yang berjumlah 177 orang terdiri dari 3 kelas. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah dengan menggunakan teknikpurposive sampling, penulis menggambil sampel kelas VII yang berjumlah 50 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru memberi penguatan sebagai variabel bebas (X) serta motivasi belajar fikih siswa sebagai variabel terikat (Y). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru memberi penguatan memberikan kontribusi yangsignifikan terhadap motivasi belajar fikih siswa. Setelah menganalisis data, penulis menyimpulkan bahwa keterampilan guru memberi penguatan ialah sebesar 74% atau pada kategori cukup baik, sedangkan motivasi belajar fikih siswaialah sebesar 54% atau pada kategori sedang. Melalui uji SPSS korelasi product moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0.485. lebih besar dari r table pada taraf signifikansi 5 % danlebih besar pada taraf signifikansi 1 % ditulis: 0.485>0.354 (1%), 0.273 (5%). Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh Keterampilan Guru Memberi Penguatan Terhadap Motivasi Belajar fikih Siswa di Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Lubuk Dalam Kabupaten Siak. Dari hasil penelitian ini, diharapkan guru selalu meningkatkan keterampilan memberi penguatan untuk dapat memotivasi siswa dalam belajar secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:39
Last Modified: 07 Sep 2016 09:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5476

Actions (login required)

View Item View Item